SANTAPAN PENGURANG STRES

Jeruk

Jeruk  kaya akan vitamin C. Penelitian menemukan bahwa vitamin C dapat mengurangi kadar hormon stres, kortisol. Dalam penelitian yang melibatkan mereka yang menderita tensi tinggi, tekanan darah dan kadar kortisol langsung turun dengan cepat usai mengonsumsi vitamin C.

Bayam

Magnesium banyak ditemukan dalam bayam. Terlalu sedikit magnesium dalam tubuh akan menyebabkan sakit kepala dan kelelahan, dua faktor penyebab stres. Satu mangkuk bayam sudah cukup untuk menaikkan cadangan magnesium dalam tubuh.

Tidak suka bayam? Salmon dan kacang kedelai bisa jadi alternatif. Demikian pula sayuran berdaun hijau.

Teh hitam

Studi menemukan bahwa teh hitam dapat menghilangkan stres dengan cepat. Dalam studi tersebut terbukti, mereka yang minum empat cangkir setiap hari selama enam pekan merasakan tenang dengan cepat setelah melalui peristiwa yang membuat stres.

Kacang pistachio

Kacang pistachio, seperti kacang lain, mengandung lemak sehat. Konsumsi segenggam pistachio, kenari , atau almon setiap hari dapat menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan di dalam arteri jantung, menurunkan risiko diabetes, dan melindungi dari stres.

Alpukat

Salah satu cara untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan mendapatkan asupan potasium yang cukup. Setengah buah alpukat mengandung lebih banyak potasium daripada pisang berukuran sedang.

Kacang almon

Kacang almon mengandung banyak vitamin. Vitamin E, yang berguna untuk kekebalan, plus sederet vitamin B, yang membuat tubuh lebih kuat menghadapi berbagai jenis stres, misalnya depresi.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, mengemil kacang almon seperempat mangkuk setiap hari sudah cukup.

Sayuran mentah

Mengunyah sebatang wortel atau seledri bisa melonggarkan rahang yang tegang, sehingga dapat menghilang stres.

Susu

Segelas susu hangat dapat menghilangkan insomnia dan rasa gelisah. Para peneliti menemukan bahwa kalsium dalam susu dapat mengurangi kecemasan dan mood swing, seperti yang terjadi ketika PMS. Agar aman untuk tubuh, minumlah susu skim atau yang rendah lemak.

 

Sumber: GAYA HIDUP SEHAT , TAHUN XIII, NO. 12/ 15-21 JUNI 2012 HAL. 18

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s