MITOS DAN FAKTA KAFEIN

1. Kafein bisa membuat kecanduan.

a. Benar       b. Salah

2. Konsumsi kafein dalam jumlah “cukup” adalah:

a. kurang dari 100 mg

b. 100 mg hingga 200 mg

c. 200 mg hingga 300 mg

d. 300 mg hingga 400 mg

3. Konsumsi kopi dalam jumlah cukup bisa mengurangi risiko:

a. Diabetes       b. Batu empedu

c. Parkinson       d. Semua jawaban

4. Perempuan yang biasa minum kopi sebaiknya mengurangi konsumsi ketika hamil.

a. Benar       b. Salah

5. Ibu dapat mentransmisikan kafein kepada bayi mereka melalui asi.

a. Benar       b. Salah

6. Kandungan kafein dalam secangkir kopi sangat bervariasi, walau anda mendapatkannya dari tempat yang sama setiap hari.

a. Benar       b. Salah

7. Berapa lamaefek kafein akan menghilang?

a. 30  Menit       b. 2 Jam

c. 5 Jam       d. Lebih dari 5 Jam

8. Kadang kafein ditambahkan ke dalam obat sakit kepala karena…

a. Sebagai pengawet bahan aktif

b. Kafein dapat membantu tubuh menyerap obat lebih cepat

c. Membuat seseorang tetap terjaga barangkali terserang sakit kepala

d. Bukan salah satu jawaban

9. Beberapa produk perawatan kulit mengandung kafein.

a. Benar       b. Salah

10. Kaum perempuan lebih sensitif terhadap kafein dari pada pria.

a. Benar       b. Salah

11. Sejalan dengan bertambahnya usia, sensitivitas terhadap kafein akan menurun.

a. Benar       b. Salah

12. Kafein dapat menambah gejala kecemasan.

a. Benar       b. Salah

13. Kopi dapat menghilangkan efek mabuk karena minuman beralkohol.

a. Benar       b. Salah

14. Karena memiliki efek diuretik (yang menyebabkan meningkatkan produksi urin) minuman berkafein menyebabkan dehidrasi.

a. Benar       b. Salah

15. Overdosis kafein dapat menyebabkan kematian.

a. Benar       b. Salah

JAWABAN:

1. Salah

Kafein termasuk bahan yang aman. Mesti termasuk stimulan, tidak seperti nikotin, kafein tidak akan membuat seseorang ketagihan selama konsumsi dalam jumlah cukup. Namun, karena kebiasaan, seseorang tidak dapat memulai hari jika tidak didahului dengan minum secangkir kopi pada pagi hari.

2. 200 mg hingga 300 mg

Kafein antara 200 mg hingga 300 mg setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi, dianggap sebagai jumlah untuk yang cukup untuk orang dewasa pada umumnya

3. Semua jawaban

Menurut WebMD, beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi kafein dalam jumlah cukup bisa mengurangi risiko diabetes, batu empedu, parkison, dan penyakit lever. Mesti demikian, dokter tidak menyarankan konsumsi kafein untuk mengurangi semua risiko penyakit tersebut.

4. Benar

Ada konflik penelitian pada konsumsi kafein dengan kehamilan. Namun, para ahli menyebut ibu hamil sebaiknya mengurangi konsumsi kopi. Beberapa penelitian menghubungkan tingginya asupan kafein dengan peningkatan risiko keguguran dan pertumbuhan janin yang terlambat. Rekomendasi asupan kopi untuk ibu hamil dari American Dietetic Association kurang dari tiga cangkir per hari atau kurang dari 300 mg.

5. Benar

Bayi dapat menerima kafein dari ASI. Meski demikian, menurut The American Academy of Pediatrics, secangkir kopi  tiap pagi tidak akan membahayakan bayi. Berbeda dengan terlalu banyak kopi, yang akan menyebabkan bayi sulit tidur, selalu gelisah, dan selera makannya menjadi buruk.

6. Benar

Kandungan kafein tidak pernah sama, tergantung proses pembuatan, varietas biji kopi yang dipakai, dan lamanya persiapan. Para peneliti di Florida membeli jenis minuman yang sama dari kedai kopi yang ama selama enam hari berturut dan mendapati kandungan kafeinnya beragam, 259 mg hingga 564 mg.

7. Lebih dari 5 jam

Efek kafein akan hilang dalam waktu 5 sampai 6 jam. Itupun hanya setengah dari kandungan kafein yang terdapat dalam secangkir kopi. Karena itu, minum kopi pada sore hari akan memengaruhi tidur. Pada mereka yang sensitif kafein, proses habisnya kafein itu akan lebih lama lagi.

8. Kafein dapat membantu tubuh menyerap obat lebih cepat

Kafein membantu tubuh menyerap obat sakit kepala lebih cepat, sehingga sakit kepala lebih cepat sembuh. Dengan adanya kafein, obat yang di butuhkan lebih sedikit, namun dengan efek sama.

9. Benar

Produk antipenuaan mengandung kafein, yang membuat kulit tampak lebih halus dan mengurangi penampakan keriput.

10. Salah

Penelitian terbary menemukan bahwa pria memiliki respon lebih besar terhadap kafein, dari pada perempuan. Peneliti juga menemukan bahwa kafein cenderung membahayakan penampilan pria dalam hal kolaborasi, situasi yang membuat stres (misalnya di kantol), namun justru meningkatkan penampilan pada perempuan.

11. Salah

Orang yang lebih tua akan lebih sensitif terhadap kafein karena tubuh mereka butuh waktu lebih lama untuk memprosesnya.

12. Benar

Menurut The National Institute of Mental Health, penderita anxiety disorder harus menghindari kafein, sebab dapat menambah parah gejalanya.

13. Salah

Berlawanan dengan kepercayaan publik, kopi tidak dapat menghilangkan mabuk karena minuman alkohol.

14. Salah

Minuman berkafein tidak menyebabkan dehidrasi. Untuk jangka pendek, kafein bisa menyebabkan efek diuretik pada mereka yang jarang mengonsumsinya. Semua minuman, termasuk yang berkafein, membantu agar tubuh tidak mengalami dehidrasi

15. Benar

Kematian karena overdosis kafein memang jarang terjadi. Kematian tersebut disebabkan denyut jantung yang tak teratur dan kejang – kejang. Kafein dalam jumlah mematikan beragam, tergantung berat badan, usia, dan jenis kelamin. Umumnya dosis yang lebih besar dari 10 gram bisa fatal untuk orang dewasa. Saru cangkir kopi mengandung kira – kira 120 mg kafein. Jadi, seseorang harus minum 85 cangkir untuk mendapatkan 10 gram kafein

Sumber: GAYA HIDUP SEHAT, TAHUN XIII, NO. 09 / 25 – 13 MEI 2012, HAL. 16

5 thoughts on “MITOS DAN FAKTA KAFEIN

  1. untuk penderita maag seringkali setelah minum kopi muncul perasaan, sakit di perut, mual, perih, deg-degan, pusing, dll . itu apa yang menyebabkannya??? apa bisa disembuhkan??

  2. BAGAIMANA DENGAN MITOS MINUM KOPI DAPAT MENETRALISIR NIKOTINE
    APAKAH BENAR ATAU HANYA MENAMBAH PARAH EFEK DARI SENYAWA KOPI DAN ROKOK TERBSEBUT????
    SETAU SAYA KEDUA SENYAWA ITU TERMASUK STIMULAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s