MAKANAN “PINTAR’ PENAJAM KONSENTRASI

Kafein

Tidak ada senjata rahasia untuk meningkatkan IQ atau membuat anda semakin pintar. Namun, beberapa unsur tertentu seperti kafein, menurut WebMD, dapat memberi tenaga dan membantu anda untuk lebih fokus dan konsentrasi.

Terdapat dalam kopi, cokelat, minuman energi, dan beberapa jenis obat, kafein membuat anda terbangun dengan cepat, walau efeknya hanya jangka pendek. Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein. Terlalu banyak akan memicu ketidaknyamanan dan kegelisahan.

Gula

Gula adalah bahan bakar kesukaan otak. Bukan gula pasir, melainkan glukosa, hasil metabolisme dari gula dan karbohidrat yang anda santap sehari-hari. Karena itu, satu gelas minuman manis bisa menambah daya ingat, proses berpikir, dan kemampuan mental. Efeknya sama seperti efek kafein: jangka pendek.

Sebaliknya, terlalu banyak gula akan membuat memori rusak, demikian pula tubuh anda. Karena itu, jangan terlalu banyak menambah karbohidrat dan sumber gula lainnya. Dengan demikian daya ingat anda tetap oke, sementara berat badan tidak bertambah.

Sarapan

Tergoda untuk tidak sarapan? Banyak studi menyebutkan bahwa sarapan akan meningkatkan daya ingat jangka pendek dan perhatian. Pelajar yang selalu sarapan cenderung punya prestasi lebih baik bila dibandingkan dengan yang melewatkan sarapan.

Jenis makanan terbaik untuk sarapan adalah produk susu, buah-buahan, dan bijian utuh. Hanya saja, seperti biasa, jangan sarapan terlalu banyak. Sarapan berlebihan justru akan menurunkan konsentrasi.

Ikan

Sumber protein yang berhubungan dekat dengan kesehatan otak adalah ikan. Kaya akan omega-3, asam lemak yang penting untuk fungsi dan perkembangan otak.

Menu yang kaya akan omega-3 dapat menurunkan risiko terkena demensia dan stroke, memperlambat penurunan fungsi mental, dan memainkan peran penting dalam mempertahankan daya ingat, terutama ketika usia semakin menua. Untuk kesehatan otak dan jantung, disarankan mengonsumsi ikan dua kali per pekan.

Kacang dan Cokelat

Kacang adalah sumber antioksidan, terutama vitamin E. Vitamin tersebut dapat mencegah penurunan fungsi kognitif sejalan dengan bertambahnya usia. Cokelat hitam juga mengandung antioksidan.

Nikmati kacang dan cokelat hitam untuk memperoleh manfaatnya, tanpa harus mengalami kelebihan kalori, lemak, atau gula. Sekali lagi, konsumsi harus dalam batasan cukup.

Alpukat dan Bijian Utuh

Setiap organ di dalam tubuh sangat tergantung pada aliran darah, termasuk jantung dan otak. Mengonsumsi menu yang kaya akan bijian utuh dan buah seperti alpukat akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

Bijian utuh, seperti popcorn dan gandum, berkontribusi dalam ketersediaan serat dan vitamin E. Walau alpukat mengandung lemak tersebut adalah jenis tak jenuh tunggal, yang bisa memperlancar peredaran darah.

Menu Makan Seimbang

Kedengarannya membosankan, tetapi menu makan seimbang sangat bagus untuk kesehatan otak. Menu yang minim nutrisi akan mengurangi kemampuan anda untuk berkonsentrasi. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit akan mengganggu kemampuan untuk fokus.

Makan terlalu berat akan membuat anda mengantuk, sedangkan kalori yang terlalu sedikit akan menyebabkan kelaparan. Akibatnya, karena mengantuk atau kelaparan, anda tidak bisa berkonsentrasi.

 

Sumber: GAYA HIDUP SEHAT, TAHUN XIII, NO 19 / 03 – 09 AGUSTUS 2012, HAL. 18

2 thoughts on “MAKANAN “PINTAR’ PENAJAM KONSENTRASI

  1. sarapan membuat otak bisa jadi fokus , karena pengalaman saya kalau lapar bawannya emosi terus ,,,, jadi dengan sarapan kita dapan berkonsentrasi dengan baik. trism infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s