MAKANAN SAHABAT JANTUNG bagian ke-2

Masih dalam rangka membuat jantung kita tetap dalam kondisi baik dan sehat, berikut kembali akan kami infokan beberapa makanan yang dapat menjadi sahabat bagi jantung kita. Artikel diambil dari Tabloid Gaya Hidup Sehat

Dalam bagian pertama yang kami posting kemarin, ada 3 makanan yang merupakan sahabat bagi si jantung, yaitu : Wortel, Yoghurt rendah lemak, dan Tofu. Nah, selain itu apalagi ya??? 

KOPI DAN TEH

Jangan abaikan kopi dan teh karena kedua minuman tersebut dapat melindungi jantung. Studi menunjukkan, konsumsi 3-4 cangkir per hari akan memangkas resikonya hingga 25 %, termasuk kopi dekafein sekalipun. Namun mereka dengan diabetes atau hipertensi perlu mempertimbangkan asupan kafein untuk menghindari komplikasi.

UBI

Jangan anggap remeh ubi. karena selain memiliki indeks glikemik rendah, ubi juga mengandung vitamin A dan likopen yang menambah manfaat bagi kesehatan jantung.

JERUK

Jeruk mengandung serat pektin yang dapat menangkal kolesterol. Juga mengandung potasium yang bisa membantu mengontrol tekanan darah. Studi menunjukkan, jus jeruk memperbaiki fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah lewat antoksidannya, yaitu hesperidin.

Selain yang kami infokan tersebut, masih banyak lagi makanan dan minuman yang dapat menjadi sahabat bagi jantung kita. Untuk informasi yang lebih lengkap Anda dapat mengunjungi Pusat INFOKESMAS FKM UI pada jam buka untuk mengakses sumber asli dari artikel ini.

Sumber : Tabloid Gaya Hidup Sehat, Tahun XII No. 6/6-12 Mei 2011, Hal. 18-19

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s