Jangan Takut Sama Alpukat

Alpukat Pemelihara Berat Badan

Masih sering kita dengar orang takut makan alpukat karena mitosnya buah ini mengandung banyak lemak, jadi tidak baik untuk jantung dan gampang bikin gemuk.

Padahal, sejumlah riset justru menemukan sebaliknya. Alpukat dinyatakan baik untuk memelihara sistem pembuluh darah jantung dan membantu menjaga berat badan normal.

Manfaat itu datang dari berbagai kandungan gizi di dalam alpukat. Antara lain antioksidan karotenoid yang bersifat antiperadangan seperti lutein, zeaxanthin, dan violaxanthin, juga fitosterol, flavonoid epikatekin dan epigalokatekin, serta vitamin E, C, mineral mangan, selenium, potasium, magnesium, lalu asam lemak omega-3.

Studi lain menyatakan bahwa penyerapan likopen dan betakaroten meningkat secara baermakna bila daging buah alpukat segar ditambahkan ke dalam salad sayuran. Konsentrasi karotenoid dalam alpukat paling banyak terdapat pada daging buah yang berwarna hijau tua, tepat dibawah kulit. Jadi kalau mengambil daging buah alpukat, jangan buang bagian hijaunya.

Bagi yang takut gemuk, dalam sebuah studi terbukti bahwa konsumsi alpukat selama seminggu justru bisa mengurangi lemak tubuh. Itu karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal atau asam oleat yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Tak ada lagi alas an untuk takut makan alpukat, ‘kan? Tambahkan buah ini kedalam diet Anda, boleh dijus bersama buah lainnya, dan dapatkan manfaat sehatnya.

 

Sumber :

Majalah Gaya Hidup Sehat, Edisi 607, 4-10 Maret 2011, halaman 36

 

One thought on “Jangan Takut Sama Alpukat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s