Sudut Pusat Infokesmas

Membantu Pengguna yang Belum Mengenal Komputer : Sebuah Kepuasan Tersendiri

*) Endang RA. Handayani

Salah satu kegiatan utama Perpustakaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) adalah memberikan layanan informasi kepada pengguna perpustakaan. Pengguna perpustakaan terdiri dari staf pengajar, mahasiswa, peneliti serta tenaga administrasi. Selain itu masyarakat lain dapat memanfaatkan perpustakaan sesuai dengan peraturan yang ada.

Koleksi yang tersedia di perpustakaan sebagian besar berkaitan dengan bidang kesehatan masyarakat berupa, buku, jurnal, skripsi, tesis, serta internet yang dapat diakses setiap saat. Pengguna atau pemakai perpustakaan dapat mengakses 9 jenis database katalog dari OPAC (Online Public Access Catalog).

OPAC adalah salah satu andalan Perpustakaan FKM-UI. Secara umum, OPAC adalah sarana temu kembali yang berupa pangkalan data dalam komputer untuk mempermudah pencarian di rak. Sebagai sistem berbantuan komputer, maka OPAC tentu saja mensyaratkan penggunanya punya kebiasaan menggunakan komputer. Pengguna perpustakaan lebih banyak terdiri dari mahasiswa daripada staf pengajar. Sebagian dari mahasiswa baru yang datang dari daerah luar Jakarta, belum tahu dan mengenal komputer serta bagaimana cara menggunakannya.

Sebagai contoh :  Seorang mahasiswa datang ke perpustakaan mencari buku untuk tugas yang diberikan staf pengajar. Ketika masuk perpustakaan yang pertama ia lihat adalah beberapa unit komputer di ruang sirkulasi perpustakaan. Ia tidak mau bertanya dan tidak mau mencoba memegang komputer tersebut, akhirnya saya hampiri dan bertanya.

“Apa yang bisa saya bantu?”, Ia menjawab malu-malu.

” Saya mencari informasi buku dengan judul Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat yang ditulis oleh Soekidjo Notoatmodjo.”

Saya jelaskan padanya cara menggunakan komputer, dari mulai membuka OPAC dan seterusnya, sampai mendapatkan informasi yang dicari. Sedikit-sedikit ia mulai mengerti dan mau mencoba mencari apa yang dibutuhkannya. Ia sangat berterima kasih pada apa yang dia dapat dan peroleh berupa pengalaman baru menggunakan komputer dan mendapatkan informasi yang dia cari.

Menurut (Sulistyo Basuki, 1991: 36) Bila seorang pustakawan ingin memperoleh kemajuan dalam bidang tugasnya pustakawan harus bertindak selaku agen modernisasi dalam bidangnya. Pustakawan harus menjadikan perpustakaannya sebagai sarana belajar bagi pembacanya.

Sesuai dengan pendapat di atas, pustakawan harus mendengarkan dan memahami keinginan pemakai. Kita sebagai pustakawan harus dapat mengembangkan diri dengan belajar, meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang kemajuan teknologi di masa kini. Di sinilah pentingnya peranan pustakawan dalam memberikan pelayanan kepada pengguna atau pemakai perpustakaan. Merupakan kepuasan tersendiri bagi saya sebagai pustakawan dapat membantu pengguna mencarikan informasi.

*) Kepala Pusat Infokesmas FKM UI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s