KOTA MODERN AJANG PENULARAN PENYAKIT

Kota-kota modern di dunia ini tampaknya telah mempengaruhi evolusi manusia. Beberapa ilmuwan menemukan berbagai kota di dunia ini telah menjadi ajang penularan infeksi virus.

Temuan dimulai dengan menelaah bagaimana sebuah kota membantu penyakit menyebar dengan membawa orang lebih dekat secara bersamaan, tempat mereka dapat menulari satu sama lain.

Penelitian yang berbasis evolusi biologis oleh Ian Barnes dari University of London dan rekan-rekannya ini berfokus pada varian genetik. Varian dengan nama alfabet-sup SLC11A1 1729 55del4 ini terkait dengan resistensi alami kuman yang tinggal dalam sel, seperti tuberkulosis dan kusta.

Mereka menganalisis sampel DNA dari 17 populasi orang di kota modern yang telah menduduki kota-kota mereka untuk waktu yang lama seperti kota Çatalhöyük di Turki yang ditinggali sejak sekitar tahun 6000 SM, dan Juba di Sudan yang telah ditinggali sebelum abad ke-20.

Para ilmuwan mengatakan mereka menemukan sebuah hubungan yang sangat signifikan antara varian genetik virus penyakit dan durasi dari pemukiman perkotaan.

Sebagai contoh, masyarakat yang menetap di daerah selama lebih dari 5.200 tahun, seperti Susan di Iran, hampir pasti memiliki varian ini virus ini. Sementara di kota yang hanya ditempati untuk beberapa ratus tahun, seperti Yakutsk di Siberia, hanya 70 persen hingga 80 persen penduduk yang menyebarkan virus.

“Penelitian ini menunjukkan evolusi yang terjadi. Dimana urbanisasi telah berdampak pada genom manusia. Sebab manusia berkumpul dan semakin padat di sebuah kota modern” jelas Barnes, (fen)

sumber : http://www.sehatnews.com

http://sehatnews.com/berita/4649.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s