E.Coli pada Alat Makan

Tahukan Anda jika sebenarnya alat makan yang kita gunakan rentan terhadap bakteri E.Coli? Kok bisa?

Sebenarnya hal ini terjadi karena air yang telah tercemar, di Indonesia kualitas akses terhadap air bersih dan sanitasi yang baik baru mencapai angka 24 persen. Itulah yang menjadi salah satu sebab semakin tingginya kasus diare di Indonesia. Dr. Budi Haryanto, SKM, MKM, MSc dari Departemen Kesehatan Lingkungan FKM UI menerangkan bahwa kasus diare terus meningkat di Indonesia dari 28 persen pada tahun 1996 meningkat menjadi 35 persen di tahun 2003.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa FKM UI membuktikan bahwa cukup banyak air di Jakarta yang terkontaminasi bakteri E.Coli. Dr. Budi mengatakan bahwa pemasakan dapat mematikan patogen merugikan, tetapi masalahnya adalah bakteri E.Coli yang ada pada alat-alat makan karena dicuci dengan menggunakan air mentah yang tercemar. Walaupun menggunakan sabun, tetapi akan sama saja ketika kita membilasnya dengan air yang tercemar.

Tips paling aman untuk mencuci alat-alat makan Anda adalah direndam memakai air panas dan ditiriskan, atau dengan memasukkan ke dalam oven sebelum menggunakan alat-alat makan tersebut, seperti yang disampaikan oleh Dr. Ir. Ratih Dewanti Hariyadi MSc dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB.

sumber : Tabloid GAYA HIDUP SEHAT edisi 583 September 2010 hal 25

2 thoughts on “E.Coli pada Alat Makan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s